Langsung ke konten utama

MENGHIDUPKAN LAMPU LED MENGGUNAKAN LISTRIK DARI KENTANG

MENGHIDUPKAN LAMPU LED MENGGUNAKAN LISTRI DARI KENTANG
Kentang (Solanum tuberosum L.) adalah salah satu sumber utama karbohidrat, yang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa. Tanaman kentang asalnya dari Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk di sana sejak ribuan tahun silam. Tanaman ini merupakan herba(tanaman pendek tidak berkayu) semusim dan menyukai iklim yang sejuk.Kentang  adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut "kentang" pula.kentang adalah zat tepung yang dapat dimakan yaitu pada umbinya.Kentang adalah umbi asli amerika selatan dan dibudidayakan di seluruh dunia.kentang telah dijinakkan selama lebih dari 10.000 tahun, dan lebih dari seribu varietas diketahui, walaupun hanya sebagian kecil dari jumlah ini dibudidayakan secara komersial.kentang  memainkan peran penting dalam budaya dan sejarah banyak negara amerika selatan, dan diadopsi ke dalam masakan eropa dan budaya ketika mereka diperkenalkan di tahun 1600-an.kentang memiliki manfaat yang sangat banyak, hal ini dimungkinkan berkat kandungan yang ada di dalamnya. misalnya saja mineral kalsium yang tinggi sehingga bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.
kandungan air per 100 gram kentang ialah 82 gram, dengan nilai protein sebanyak 2 gram, kälori sebanyak 70 kkal, dan karbohidrat sebanyak 19 gram. selain kandungan-kandungan tersebut, kentang juga memiliki kandungan lain seperti zat besi dan riboflavin yang penting bagi tubuh.
demikian pula dengan vitamin yang ada pada kentang. sebut saja vitamin c yang notabene mengandung antioksidan yang ampuh untuk mengusir radikal bebas dalam tubuh.kentang mengandung kalium lebih banyak dibandingkan sayuran segar lainnya dalam menghasilkan departemen - bahkan lebih dari pisang. satu kentang memiliki hampir 900 miligram, yang merupakan sekitar 20% dari apa yang anda butuhkan setiap hari. kalium adalah penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan sel tubuh. ini juga penting untuk fungsi saraf dan kontraksi otot normal - termasuk otot jantung. kalium juga merupakan elektrolit yang membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh anda, yang penting bagi tekanan darah sehat.selain itu kentang mengandung garam dan air sehingga jika garam dan air melakukan reaksi kimia maka akan menghasilkan arus listrik.arus listrik pada kentang terbentuk apabila kentang dihubungkan pada elektroda(seng dan tembaga).
ya langsung saja kita mulai.pertama siapkan alat dan bahannya,yaitu:
1. Kentang
2. Paku dan Koin
3. Tang
4. Kabel
5. 2 pasangPenjepit buaya(2merah dan 2hitam)
6. Lampu LED yang berukuran kecil

LANGKAH DAN CARA MEMBUAT LAMPU LED MENYALA
1. Siapkan kentang yang masih utuh dan segar yang berukuran besar.
2. Lilitkan semua kawat yang ada dalam kabel pada penjepit buaya merah dan hitam.
3. Agar lilitan tidak terlepas dari kaki penjepit buaya bengkokkan kaki penjepit buaya menggunakan tang.Lakukan
4. Setelah kabel tersambung pada keempat penjepit buaya.
5. Tusukkan koin dan paku pada kentang sebagai elektroda(beri jarak antar paku dan koin)
6. Jepitkan penjepit buaya merah yang pertama pada koin dan jepitkan penjepit buaya merah kedua pada salah satu besi lampu LED.
7. Jepitkan penjepit buaya hitam yang pertama pada paku dan jepitkan penjepit buaya hitam yang kedua pada besi lampu LED.Secara otomatis lampu LED akan hidup bila kandungan garam dan air dalam kentang cukup untuk menghidupkan lampu LED.Ya  itulah langkah dan prosedur cara agar kentang dapat menghasilkan listrik sehingga dapat menghidupkan lampu LED.untuk pembaca yang berkunjung ke blog ini dan membaca postingan saya diharapkan menuliskan komentar agar memberi motivasi penulis untuk memposting karya yang lebih baik.dan  percobaan ini bermanfaat dan  berguna bagi kita semua sehingga dapat mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikan kentang lebih populer sebagai penghasil energi listrik.

Komentar